Pengertian Portable dan Cara Membuatnya

Apa kabar brother ketemu lagi dengan artikel ku terbaru, yang pada kesempatan kali ini akan membahas tentang Portable. Ok Langsung saja...

Apa kabar brother ketemu lagi dengan artikel ku terbaru, yang pada kesempatan kali ini akan membahas tentang Portable. Ok Langsung saja brother ke TKP... :)
Portable adalah aplikasi yang dapat dijalankan tanpa memerlukan instalasi pada sistem karena Portable dibuat untuk penggunaan bersama Portable Drive seperti Flash Disk, External HardDisk, USB, MP3 Player atau PDA. Biasanya software ini di kemas dalam bentuk paket (packed) yang ringkas dan dapat dijalankan hanya dengan beberapa klik saja dan dapat digunakan di setiap komputer tanpa perlu melalui proses instalasi terlebih dahulu. Mungkin brother bertanya "apa sih kelebihan Portable dibandingkan dengan Installer?" berikut penjelasanya :

Kelebihan Software Portable

  • Gratis
    Kebanyakan software Portable itu freeware, shareware atau open source.
  • Efisiensi dan Fleksibel
    Contoh ilustrasi : Brother sudah meng-install software yang kita butuhkan di Drive C: lalu karena suatu hal Windows-nya crash dan harus di-instal ulang. Betapa malasnya harus satu - persatu meng-install ulang aplikasi seperti sebelumnya.
    Tapi hal itu tidak terjadi apabila brother menggunakan Software Portable. Brother bisa menyimpannya di Drive mana saja, misal  di Drive D: atau E: Dsb. Jadi walau windows brother berulang kali diganti (Instal ulang), aplikasi brother tetap aman di Drive Lain.
  • Sistem Lebih BersihAplikasi yang brother install di Windows akan mendaftarkan dirinya di System Registry. System Registry adalah database yang berisi informasi versi, konfigurasi file, alokasi memori dari aplikasi. Seiring waktu dengan bertambahnya aplikasi, serta proses Uninstall yang tidak bersih, menjadikan System Registry penuh dengan sampah, yang menyebabkan kerusakan System. Sementara Software Portable tidak mencatatkan Registry pada System, dengan begitu System brother akan lebih bersih.
  • Relatif Lebih AmanSoftware Portable tidak meninggalkan jejak berati pada komputer. Karena itu selalu simpan Browser Portable dan IM Portable di Portable Drive Brother (Flash Disk DLL). Apabila ingin memakai komputer publik, gunakan aplikasi yang brother bawa sendiri. Dengan begitu akan meminimalkan vulnerabilitas dalam aktifitas ber-internet.
Kesimpulan
 
Keuntungan dari software jenis ini (Portable) adalah brother dapat membawa data beserta program yang dibutuhkan untuk membukanya ke mana saja, untuk dapat dibuka di komputer manapun tanpa perlu menginstalnya terlebih dahulu. Karena data disimpan di peralatan portable, maka keamanan data tersebut juga diuntungkan karena tidak tersimpan di dalam komputer tertentu.

Jika Brother berniat beralih ke software Portable bisa gunakan Tools di bawah ini untuk membuat Portable sendiri :
Tapi dalam artikel ini tidak akan saya jelaskan semua, hanya dengan WinRAR saja karena itu yang saya gunakan.
Membuat Software Portable dengan WinRAR tidaklah terlalu sulit brother, kita hanya memerlukan Software yang akan di Portable-kan dan yang paling penting pada OS kita telah terinstal WinRAR terlebih dahulu jika belum silahkan download melalui link di atas. Berikut cara pembuatan Software Portable dengan WinRAR :

Langkah - Langkahnya

  1. Install terlebih dahulu WinRAR ke System komputer brother.
  2. Buka folder tempat software yang akan kamu jadikan Portable.
  3. Pastikan Software tersebut hanya ada pada satu folder saja, tidak terpisah - pisah ke folder lain.
  4. Pilih dan blok semua file yang ada dalam folder tersebut (CTRL + A) pastikan terlebih dahulu file aplikasi utama software tersebut.
  5. Klik kanan pada software yang akan dijadikan file aplikasi utama, pada menu klik kanan pilih "Add to archive" akan muncul menu "Archive name and parameters".
  6. Pada menu tersebut, klik pada menu tab "General" beri tanda centang pada "Create SFX archive" setelah itu klik pada menu tab "Advanced"
  7. Pilih menu "SFX Option", pada menu tab General terdapat kolom "Setup Program", pada kolom tersebut terdapat kolom dengan judul "Run after extraction" tuliskan nama file aplikasi utama yang tadi sudah dipilih dan extensinya pada kolom tersebut.
  8. Buka tab "Modes" lalu beri tanda centang pada "Unpack to temporary folder" dan beri tanda pula pada "Hide all" dan "Overwrite all file"
  9. Bila brother ini Software Portable tampil dengan icon tertentu pilih tab "Text and Icon" masukan icon kamu pada kolom "Customize SFX icon". Tapi bila langkah ini tidak dilakukan tidak apa - apa tetapi Software Portable brother kamu akan tampil dengan icon WinRAR biasa.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :)
Name

Apps & OS,2,Arena of Valor,11,Battle Royale,1,Biologi,2,Blockchain,1,Browsers and Plugins,4,Crypto,1,Developer Tools,2,Dota 2,2,Dungeon Hunter,1,Earth Sciences,5,File Sharing,4,File Transfer and Networking,1,Firewalls and Security,1,God of War,1,Imaging and Digital Photo,1,Internet,1,Kesehatan,14,Konserpasi,4,Kumpulan Pantun Remaja,9,Messaging and Chat,1,Mobile Game,70,Mobile Legends,44,Mobille Game,2,Modul,1,MP3 and Audio,1,News,62,NFT,1,Office and Business Tools,2,Overwatch2,1,P2E,1,Payment Proof,1,PC & Console,15,Pokemon Go,1,PUBG,1,Review,3,Sejarah,3,Serba Serbi,6,SMS Patah Hati - Romantis,1,SMS Romantis - Cinta,1,Tips,2,Tips PTC,4,Unik,8,Vanglory,3,Video Software,4,
ltr
item
Brother43ver: Pengertian Portable dan Cara Membuatnya
Pengertian Portable dan Cara Membuatnya
Brother43ver
https://brother43ver.blogspot.com/2012/05/pengertian-portable-dan-cara-membuatnya.html
https://brother43ver.blogspot.com/
https://brother43ver.blogspot.com/
https://brother43ver.blogspot.com/2012/05/pengertian-portable-dan-cara-membuatnya.html
true
3916120486625843677
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content